Jumat, 06 Juli 2012

Khutbah Jumat

UMAT TERBAIK


Hari ini Jumat tanggal 6 Juli 2012, aku mengisi khutbah Jumat di Mesjid Padang Ambacang Kecamatan Situjuh Kabupaten Lima Puluh Kota.

Materi yang disampaikan adalah tentang Khairu Ummah, sesuai dengan pesan Al-Quran Surat Ali Imran ayat 110.  Allah swtb berfirman :
Kalian adalah sebaik-baiknya umat yang dilahirkan ke tengah-tengah manusia, mengajak kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar serta beriman kepada Allah.

Saya tadi juga menyampaikan bahwa, Allah Swt memberi tahu kepada kita bahwa kita adalah umat yang terbaik, akan tetapi kenyataan yang kita lihat hari ini, ternyata kita bukan umat yang terbaik tapi umat yang terbelakang.

Saya juga menyampaikan beberapa fakta tentang kondisi negeri kita yaitu :

  1. Negeri yang hutang sangat besar bahkan sudah mendekati 2.000 T
  2. Negeri dengan tingkat korupsi sangat mengkhawatirkan
  3. Negeri dengan tingkat porbografinya nomor 2 di dunia
  4. negeri yang tingkat ekspor pembantu rumah tangganya paling besar di dunia.
Hal ini tentu sangat ironis, disatu sisi Allah mengatakan kepada kita bahwa kita adalah umat terbaik, akan tetapi dari kenyataan yang ada di lapangan, ternyata sudah bertolak belakang.  Ada apa ini, apa sesungguhnya yang sudah terjadi....?

Allah mengatakan bahwa umat terbaik itu adalah umat yang senantiasa melaksanakan Amar ma'ruf dan nahi munkar dan orang yang beriman kepada Allah Swt.

Jadi melihat sarat yang disampaikan oleh Allah bahwa umat terbaik itu adalah orang yang melaksanakan amar ma'ruf dan nahi munkar, ternyata hari ini umat yang sudah terjangkit penyakit liberalisme, mereka sudah tidak mau tahu dengan keadaan saudaranya, seperti anaknya, keponakannya, bahkan kariv kerabatnya, sehingga kemunkaran menjadi merajalela.

Umat saat ini banyak beranggapan bahwa mereka ingin masuk syurga sendirian, pada hal Rasul menginginkan kita masuk surga secara berbondong-bondong dan beramai-ramai.  Oleh karena itu untuk menjadi umat terbaik kita harus melaksanakan amar ma'ruf dan nahi munkar.  Kegiatan tersebut dapat dilakasanakan dalam beberapa level :
1. Level individu
2. Level masyarakat dan
3. Level Negara

Jadi ketika semua umat Islam telah melaksanakan amar ma'ruf dan nahi munkar di semua level tersebut, maka KITA AKAN KEMBALI MENJADI UMAT TERBAIK


Tidak ada komentar: