Rabu, 19 September 2012

Pembukaan Pelatihan KPH


Oleh Jamal Husni


Slide Pembukaan

Bogor, Dalam rangka meningkatkan pengetahuan calon pengelola KPH di seluruh Indonesia, Kementerian Kehutanan melakukan pelatihan terhadap para pengelolanya,  Pelatihan kali ini merupakan pelatihan angkatan ke III yang diikuti oleh 30 orang peserta. yang tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari Aceh sampai ke Papua.
Acara di buka pada hari selasa tanggal 18 september 2012, sekitar jam 9.00 WIB, oleh Direktur WP3KH Bapak Ir. Is Mugiono, MM.  Dalam arahannya beliau menyampaikan beberapa hal, diantaranya :


Peserta Pelatihan

  1. Undang-undang mengamanatkan kepada kita untuk mengelola hutan berdasarkan fungsi yaitu fungsi konservasi, lindung dan produksi dan semua kawasan hutan tersebut harus terbagi habis dalam pengelolaan di tingkat tapak.
  2. Pengelolaan hutan tersebut harus ada institusi yang mengelolanya di tingkat tapak.
a.       Sampai saat ini belum ada institusi yang layak yag sesuai dengan standard an criteria yang diinginkan.
b.      Supaya kita bisa berimprifisasi dalam membangun hutan ini, maka kita harus tahu seperti apa pengelolaan yang benar, oleh karena itu seluruh calon pengelola KPH harus di didik agar dapat mengelola KPH dengan baik dan  benar.
Ir. Is Mugiono, MM
Direktur WP3KH

3. Setelah institusi ada, maka harus ada organisasinya.
        Yang mengelola hutan menurut undang-undang adalah pemerintah, bukan swasta atau yang lain.
4.  Dalam pengelolan hutan harus memiliki rencana
a.       Sebagai contoh seorang yang memiliki angkot, harus memiliki driver yang baik, harus punya trayek sehingga angkot tersebut berguna bagi pemilik dan bermanfaat bagi masyarakat yang menggunakannya.
b.      Begitu juga dengan KPH yang sudah dibentuk oleh Pemerintah, harus mempunyai pemimpin yang baik dan harus punya rencana yang matang sehingga KPH bermanfaat bagi Negara dan bermanfaat juga bagi masyarakat banyak.
5. Itulah aspek yang harus diperhatikan yaitu : Aspek Wilayah, Aspek Organisasi dan Aspek Rencana
6. Seluruh pengelola KPH yang ada di Indonesia harus dilatih dan bias.

Tidak ada komentar: