Rabu, 14 Juli 2010

Menjadi Wirausaha Sukses

BAGAIMANA MENJADI WIRA USAHA YANG SUKSES
Oleh : Ir. Jamal Husni, MM

Supaya kita menjadi wira usaha yang sukses, maka kita harus mengetahui hal-hal yang sangat diperlukan dan jarang diketahui oleh orang. Menurut Ongki Hajayanto (2010), sekurang-kurangnya ada 6 hal yang harus diperhatikan sehingga kita bisa menjadi pengusaha yang sukses

Pertama adalah pola pikir.
Hal pertama untuk bisa menjadi seorang wira usaha, maka kita harus menggunakan pola pikir wira usaha (entrepreneur) dan meninggalkan pola pikir sebagai pekerja/pegawai atau karyawan.

Kalau kita perhatikan ada perbedaan pola pikir antara pekerja dan wira usaha adalah sebagai berikut:
1. Pola piker/mindset karyawan menunggu segala sesuatu siap; sedangkan entrepreneur, membuat segala sesuatu siap.
2. Mentalitas karyawan atau mindset karyawan punya mentalitas mogok, unjuk rasa atau boikot. Sedangkan mindset entrepreneur, berpikir dan berjiwa besar.
3. Mindset karyawan win - lose, artinya mereka tidak perduli perusahaan rugi atau untung, yang penting mereka untung. Sedangkan mindset entrepreneur adalah win - win. Entrepreneur memastikan semua komponen atau elemen yang terlibat dalam proses usahanya haruslah win, kemudian dia win belakangan. Konsumennya win, karyawannya win, suppliernya win, barulah dia win belakangan.
4. Mindset karyawan adalah fokus pada masalah, sedangkan mindset entrepreneur adalah fokus pada jalan keluar.
5. Mindset karyawan fokusnya jangka pendek, sedangkan seorang entrepreneur fokusnya jangka panjang.

Kedua adalah memiliki visi yang jelas

Untuk menjadi seorang entrepreneur yang sukses seorang entrepreneur harus memiliki visi yang jelas. Visi adalah gambaran tentang masa depan yang lebih baik, khususnya pada bisnis anda. Kemudian visi ini akan tertuang ke dalam bentuk misi. Misi adalah komitmen anda untuk mencapai visi anda. Kemudian dari misi ini, anda akan jabarkan ke dalam target2 tahunan, semesteran ataupun bulanan.

Ketiga, memiliki sifat proaktif

Hal ketiga yang harus dilimiliki seorang wira usaha setelah memiliki pola piker dan visi adalah sifat proaktif. Proaktif dimana seorang wirausaha seharusnya melakukan inisiatif, menjemput bola, atau lebih aktif dalam hal-hal yang berhubungan dengan bisnisnya.

Untuk mengatasi berbagai persoalan yang dilalui dalam melakukan usaha Saya menyarankan untuk menggunakan Metode Akyo Morita yang senantiasa digunakan oleh pendiri Sony Corporation, yaitu :

1. Selalu cari jalan keluar untuk setiap tantangan yang anda hadapi dalam dunia bisnis, carilah jalan keluar; dan kalau anda tidak memperolehnya, maka gunakan metode kedua.
2. Metode kedua, yang selalu digunakan oleh Akyo Morita adalah ciptakan jalan keluarnya. Untuk menciptakan jalan keluar, kita harus berpikir kreatif, atau kita harus melakukan blue ocean strategy (Strategi Laut Biru), atau anda bisa melakukan yang namanya think out of the box.

Keempat adalah memilki integritas.

Ada 2 kesamaan dari orang-orang kaya di seluruh dunia. Yang pertama adalah mereka memiliki integritas, yang kedua adalah mereka memiliki properti. Integritas adalah harga mati yang tidak bisa ditawar menawar. Integritas terhadap konsumen, integritas terhadap rekan bisnis, integritas terhadap supplier anda, integritas terhadap perbankan, integritas terhadap pemerintah, dan yang terpenting juga adalah integritas terhadap staff dan karyawan anda. Pastikan, bahwa untuk menjadi seorang entrepreneur yang berhasil, anda harus memiliki dan menguasai rahasia yang keempat ini.

Kelima, adalah memiliki Komitmen

Untuk bisa menjadi seorang wirausaha/entrepreneur yang sukses, yang berhasil, adalah kita harus memiliki komitmen. Komitmen merupakan suatu kata yang gampang diucapkan tetapi sangat sulit untuk dilaksanakan. Banyak wirausaha hancur karena tidak komit dalam menjalankan bisnisnya, mereka kadang kala sering tergiur dengan melihat keberhasilan orang lain, ketika melihat orang lain berhasil, timbul keinginannya untu resign dari bisnis yang sedang dikelolanya. Oleh karena itu sering kita melihat bahwa hanya ada 4% bisnis yang dapat bertahan hingga lebih dari 10 tahun, dimana 40% perusahaan akan tutup di tahun pertama saat mereka buka.

Untuk mengatasi tantangan terberat ini bisa kita hadapi kalau kita memiliki rahasia yang kelima yakni komitmen. Komitmen itu sendiri artinya suka duka harus anda jalani. Suka duka ini dijalani untuk menyelesaikan apa yang sudah kita mulai, dan memenuhi apa yang telah kita janjikan, pada karyawan kita, kepada staff kita, atau kepada konsumen dan supplier kita.

Keenam, adalah konsistensi

Hal yang juga sangat penting untuk untuk menjadi seorang entrepreneur
yang sukses dan berhasil adalah konsistensi. Konsistensi adalah konsistensi yang berbicara dalam mutu produk kita, bentuknya, cita rasanya, kualitasnya, beratnya. Konsisten juga berarti kemampuan untuk
bangkit kembali saat kita belum berhasil.

Tidak ada komentar: