Jumat, 06 Maret 2009

Hutan Kemasyarakatan Tanah Datar

Pada hari selasa tanggal 3 Pebruari 2009 Kabupaten Tanah Datar dikunjungi oleh Staf Dirjen RLPS Bagian Perhutanan Sosial. Adapun tujuan kedatangannya adalah dalam rangka mensosialisasikan Kegiatan Hutan Kemasyarakatan. Menurut Mbak Shinta bahwa hutan kemasyarakatan adalah hutan Negara yang pemanfaatan utamanya ditunjukkan untuk memberdayakan masyarakat setempat.
Dalam kunjungannya itu tim didampingi oleh Staf BP DAS Agam Kuantan Bapak Bahendri dan Yonnafri, sedangkan dari dinas Kehutanan dan Perkebunan didampingi oleh Bapak Zuwendra, Jamal Husni, Dewi Agustine dan Yunitawati. Kelompok Tani yang dikunjungi adalah kelompok Kerja hutan Lestari Jorong Talago Gunung Nagari saruaso kecamatan Tanjung Emas. Dalam kunjungan tersebut tim disambut oleh Ketua Kelompok Kerja Hutan Z. Dt. Khatik Rajo dan Sekretaris H. Dt. Bijo dan didampingi oleh Penyuluh Kehutanan Lapangan Sunardi.
Dalam sosialisasi yang diberikan oleh mbak shinta dan mbak yanti menegaskan bahwa kegiatan HKM ini adalah bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan hutan yang memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap kawasan hutan, selama ini masyarakat yang masuk kawasan hutan dilakukan secara illegal atau tidak memiliki izin yang syah, nah dengan adanya program kini, maka masyarakat diberi kesempatan untuk mengelola kawasan hutan dengan prinsip tetap menjaga kelestariannya.
Kelompok tani yang diwakili oleh Dt. Khatik Rajo dan Dt. Bijo sangat antusias dan menginginkan sekali untuk bisa mendapatkan izin hutan Kemasyarakat, karena menurut mereka sebagian besar masyarakat di Talago Gunung sangat tinggi ketergantungannya kepada Hutan. Disamping itu pada saat ini menurut mereka bahwa kawasan hutan Talago Gunung sudah banyak diokupasi/diserobot oleh masyarakat yang bukan berasal dari Talago gunung, sehingga hal ini sedikit banyak menimbulkan kecemburuan social masyarakat, sehingga kami berfikir orang lain bisa masuk ke daerah kami, masak kami hanya bisa melihat orang menuai hasil sementara kami hanya melongo. Mereka berharap dengan adanya program ini mereka akan mensukseskan dan akan menjadi pelajaran bagi masyarakat yang lain yang masuk secara illegal sehingga mereka bisa mengurus izin mereka.
Melihat antusiasme kelompok kerja hutan yang dipimpin oleh dt. Khatik rajo dan Dt. Bijo maka mbak Yanti dan mbak Shinta akan memperjuanngkan dipusat bagaimana izin Hutan kemasyarakatan ini dapat diperoleh oleh kelompok ini.
Dalam kunjungan tim juga langsug meninjau kelapangan. Dari hasil tinjauan lapangan, tim sangat puas dan yakin lokasi tersebut dapat dijadikan sebagai areal yang dicadangkan untuk Hutan Kemasyarakatan.

Tidak ada komentar: